Selasa, 18 Oktober 2011

Obat Hipertensi

KHASIAT bawang putih ternyata tak hanya melezatkan racikan masakan, tapi juga ampuh mengobati tekanan darah tinggi. Benarkah?

Hipertensi kerap menyerang orang dan jarang ditandai dengan kehadiran gejala yang mengejutkan. Kehadiran hipertensi biasanya ditandai dengan timbulnya tingkat tekanan darah di atas normal, sehingga membutuhkan penanganan khusus sebelum akhirnya membuahkan serangan komplikasi dalam jangka panjang. Namun, bagi Anda yang memiiki gangguan hipertensi tersebut, kini tak perlu khawatir. Ada sebuah ramuan sederhana, yakni suplemen bawang putih yang siap membantu menurunkan kadar hipertensi Anda.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa bawang putih memiliki manfaat untuk mengobati tekanan darah tinggi. Sebagai bagian dari penelitiannya, dokter Australia tersebut mendaftarkan 50 pasiennya untuk dijadikan subjek penelitian. Dari sana, dokter tersebut melihat apakah suplemen bawang putih benar-benar dapat membantu mereka yang terserang tekanan darah tinggi yang mereka alami.

Sebelumnya, suplemen bawang putih telah terbukti dapat menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi pada mereka dengan serangan hipertensi yang sulit terobati.

Dalam penelitian terbaru, peneliti dari University of Adelaide, Australia, melihat efek dari empat kapsul suplemen yang berbahan baku bawang putih selama 12 minggu. Dari sana, mereka menemukan bahwa tekanan darah sistolik sekira 10mmHg lebih rendah pada kelompok yang diberi bawang putih ketimbang mereka yang diberikan placebo.

“Suplemen bawang putih dikaitkan dengan efek menurunkan tekanan darah secara klinis pada pasien dengan diagnosa hipertensi,” seperti dikatakan Ried, seorang peneliti pada BBC dan dirilis Times of India.

Para ahli mengatakan, suplemen bawang putih hanya boleh digunakan setelah mendapatkan referensi dari medis sehingga khasiat bawang putih tersebut dapat berjalan sempurna. Selain menurunkan hipertensi, bawang putih pun dapat mengencerkan darah, serta secara fleksibel dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar