Selasa, 18 Oktober 2011

Meningitis, yuks kenali....!

Meningitis lebih sering menyerang bayi, anak-anak usia muda, serta orang usia lanjut. Bila diketahui sedari dini, penyakit ini dapat ditangani dengan baik. Meski demikian, tindakan pencegahan sangat dianjurkan. Salah satunya adalah dengan vaksinasi karena dapat menurunkan risiko kejadian meningitis.

Meningitis merupakan penyakit yang menyerang selaput otak. Lebih tepatnya adalah peradangan selaput yang menutupi jaringan otak dancorda spinalis. Infeksi virus maupun bakteri bisa menjadi penyebab terjadinya meningitis. Meningitis yang disebabkan oleh infeksi virus umumnya disebut sebagai meningitis viral. Ini merupakan bentuk meningitis yang paling sering terjadi.

Higienitas buruk

Penularannya, seperti disebutkan dalam situs NHS, bisa menyebar antar manusia melalui percikan air liur saat seseorang batuk atau bersin. Higienitas yang buruk seperti tidak mencuci tangan usai dari toilet juga dapat menjadi faktor risiko penularan. Meningitis viral itu biasanya terjadi pada usia dewasa muda.

Coxsacki, echovirus, ataupun enterovirus menjadi virus penyebab paling sering untuk meningitis. Infeksi virus campak, cacar air, dan herpes simpleks juga bisa menimbulkan meningitis viral dengan masa inkubasi meningitis viral bisa berlangsung hingga 3 minggu.

Meningitis viral umumnya tidak terlalu berat ketimbang bakterial. Meski demikian, ada kalanya penyakit ini berlanjut dengan simtom seperti mual dan muntah, kekakuan leher, radang tenggorokan, nyeri perut, nyeri otot, dan fotofobia.

Untungnya, meningitis viral ini sangat jarang mengancam jiwa atau menimbulkan efek setelahnya. Hanya saja, untuk jaga-jaga, Anda harus segera menghubungi dokter begitu terlihat simtom seperti meningitis. Selain meningitis viral, ada pula meningitis bakterial. Meski kasusnya tidak sebanyak meningitis viral, penyakit ini biasanya lebih serius dan berat.

Bisa karena pneumonia

Meningitis bakterial ini, salah satunya, bisa timbul akibat komplikasi dari pneumonia. Pneumonia yang tidak tertangani dengan baik membuat kuman bisa masuk dan bersarang di otak.

"Meningitis bakterial dapat mengancam kehidupan seseorang dan memerlukan pengobatan segera. Biasanya meningitis bakterial lebih sering menyerang anak-anak terutama usia balita," ujar Dr. Nita Ratna Dewanti, Sp.A, spesialis anak dari RS Premier Bintaro.

Studi berbasis rumah sakit di RS Sanglah Bali menunjukkan insidensi dari meningitis bakteremia pada anak di bawah usia dua tahun sekitar 76-80,3 persen. Dibandingkan dengan viral, meningitis bakterial yang disebabkan olehpneumococcus, meningoccus, Haemophilus influenzae tipe B (Hib) cenderung lebih serius dengan risiko kematian.

Penelitian prospektif di beberapa rumah sakit di Indonesia menunjukkan bahwa 10 persen penyebab meningitis pada balita adalah bakteri pneumokokus dengan angka kesembuhan yang rendah dan dapat mengakibatkan cacat permanen. Pneumokokus ini juga menjadi penyebab kematian utama pada anak balita, terutama di negara berkembang.

"Kalaupun terkena dan kemudian sembuh, cacat yang ditimbulkan cukup banyak dan berat daripada Hib," imbuh Dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), MSi, konsultan tumbuh kembang anak dari FKUI/RSCM.

Ada kemungkinan memiliki gejala sisa seperti cacat, lumpuh, tuli, epilepsi, kemunduran inteligensia, hidrosefalus, cerebral palsi, vegetatif, maupun retardasi (keterbelakangan) mental.

Berkembang cepat

Gejala klinisnya berkembang sangat cepat seringkali hanya dalam beberapa jam saja. Pada bayi, gejala meningitis yang menyertai adalah demam, kejang pada tengkuk, rewel, gelisah, sulit makan, menangis terus-menerus, lemah, intensitas interaksi berkurang, dan ubun-ubun menonjol.

Pada anak, gejala meningitis yang umumnya terjadi adalah demam, kejang pada tengkuk, sakit kepala, mual, bingung, serangan mendadak, tidak suka cahaya terang, ruam di sekujur tubuh, dan menurunnya kesadaran.

Tindakan perawatan dilakukan di ruang rawat intensif. "Kalau pada bayi disebut NICU atau neonatal intensive care unit, sementara anak-anak di PICU atau pediatric intensif care unit," ujar Dr. Nita.

Pada mereka juga dilakukan pemeriksaan laboratorium dan kultur darah. Menurut Dr. Nita, pada penderita akan diambil cairan dari punggungnya untuk dibiakkan guna mengetahui bakteri yang menginfeksi. Bila obat yang diberikan sebelumnya masih belum tepat, dapat disesuaikan kemudian. Pemberian antibiotika mulai dilakukan secepatnya selama 14-21 hari.

Guna mencegah kejadian meningitis bakterial, anak mesti diberi vaksinasi rutin seperti vaksinasi Hib, Pneumokokus, dan BCG. "Sementara vaksinasi terhadap virus mump, rubella dapat mencegah anak dari meningitis virus," kata Dr. Nita.

Ini Penyebabnya

• Meningitis Viral

Meningitis viral dapat disebabkan oleh sejumlah tipe virus. Dalam situs Meningitis disebutkan sejumlah virus yang paling sering menyebabkan meningitis viral.

Enterovirus menjadi penyebab paling sering untuk meningitis viral. Kebanyakan infeksi enteroviral memberikan simtom ringan seperti sakit tenggorokan atau gejala seperti flu. Juga bisa menimbulkan demam dengan ruam yang di tahap awal diagnosis bisa menimbulkan kerancuan dengan penyakit meningococ. Virus ini juga menimbulkan penyakit tangan, kaki, dan mulut.

- Pada beberapa kasus virus mumps dan campak bisa menyebabkan meningitis. Kehadiran vaksin MMR dapat mencegah meningitis.

-Virus herpes juga bisa menyebabkan meningitis atau ensefalitis, yaitu peradangan pada otak.

Arbovirus normalnya memengaruhi hewan liar seperti burung atau tikus. Virus ini dibawa oleh nyamuk maupun kutu. Beberapa arbovirus dapat menyebabkan meningitis atau ensefalitis pada manusia. Hanya saja, virus ini tidak bisa ditularkan secara langsung antarmanusia.

• Meningitis Bakterial

Kasus meningitis bakterial tidak sesering meningitis viral. Meski demikian, penyakit ini justru lebih serius. Demikian disebutkan dalam situs WebMD. Sejumlah jenis bakteri dapat menyebabkan meningitis.

Neisseria meningitidis menyebabkan meningitis meningococ, bentuk meningitis yang sering terjadi pada anak-anak dan dewasa muda.

Haemophilus influenzae merupakan penyebab paling sering pada bayi dan anak-anak di bawah usia 6 tahun sebelum vaksin Hib dikenal.

Streptococcus pneumonia merupakan penyebab paling sering meningitis bakterial pada anak. Bisa terjadi bersamaan dengan infeksi telinga atau sinus maupun pneumonia.

Listeria monocytogenes merupakan bentuk bakteri yang biasa dijumpai di sekeliling kita. Tidak cenderung menginfeksi banyak orang, tetapi anak usia muda dan orang tua, termasuk wanita hamil, bisa berisiko.

Staphylococcus aureus bisa terlihat bersamaan dengan cedera kepala atau bedah otak.

Amati Gejalanya

• Meningitis Viral

Disebutkan dalam situs National Health Service, pasien akan mengalami simtom flu ringan seperti sakit kepala, demam, dan tidak enak badan. Pada kasus berat, simtomnya bisa kekakuan leher, nyeri otot atau sendi, mual, muntal, diare, dan fotofobia.

• Meningitis bakterial

Bentuk yang lebih serius dari kondisi meningitis. Simtom biasanya mendadak dan cepat memburuk.

Tanda dini meningitis bakterial meliputi nyeri pada otot, sendi, atau anggota tubuh lain seperti kaki atau tangan, tangan dan kaki terasa dingin, atau menggigil, kulit pucat, dan bibir membiru. Kondisi tersebut ditambah suhu tubuh yang tinggi (demam).

Simtom awal meningitis bakterial hampir mirip banyak kondisi lain, seperti sakit kepala hebat, demam, mual, muntal, dan perasaan tidak enak.

Ketika kondisinya kian buruk, simtom yang dirasakan berlanjut seperti mengantuk, bingung, kejang. Bisa juga tidak bisa melihat cahaya terang, kekakuan leher, napas cepat, ruam merah yang tidak hilang atau berubah warna.

Untuk mengetahui bercak merah ini bisa memudar atau tidak, lakukan tes gelas. Caranya, tekan bagian luar gelas pada bintik merah, sehingga Anda dapat melihat bila bercaknya memudar dan warnanya hilang saat ditekan. Bila warna tidak berubah, segera hubungi dokter.

Khusus untuk bayi dan anak, simtom meningitis bakterial agak berbeda, seperti tidak responsif, rewel, tidak mau digendong, tangisannya tidak biasa, menolak makan, muntah, kulit pucat, hilang nafsu makan, tatapan kosong, sangat mengantuk, dan berat untuk bangun. Bisa juga timbul pembengkakan di ubun-ubun.

Lakukan Vaksinasi

Anak, ditegaskan Dr. Soedjatmiko, berperan penting dalam penyebaran bakteri pneumokokus, salah satu bakteri penyebab meningitis bakterial. Anak juga bisa menjadi sumber penularan untuk dewasa dan dewasa tua.

Dari literatur disebutkan bahwa orang dewasa yang serumah dengan banyak anak memiliki 18-29 persen bakteri pneumokokus dalam tenggorokan dewasa sehat. Sementara di rumah yang tidak ada anak kecil, hanya 6 persen dijumpai bakteri pneumokokus pada tenggorokan orang dewasa sehat.

Beruntung kini sudah ada vaksin pencegah meningitis. Kehadiran vaksin bagi bayi dan anak membuat kejadian pneumokokus pada orang dewasa menurun.

Pemberian vaksin ini juga disebut oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjadi pencegahan yang efektif dalam menyelamatkan sekitar 3 juta jiwa di dunia setiap tahunnya. Vaksin untuk mencegah meningitis, yaitu vaksinIPD, telah menjadi vaksin yang diwajibkan di Amerika Serikat, Australia, dan Eropa, dan telah digunakan lebih dari 250 juta dosis di seluruh dunia.

Vaksinasi yang diberikan di Indonesia adalah PCV 7. PCV 7 ini merupakan satu-satunya vaksin yang membantu mencegah penyakit pneumokokus invasif pada bayi dan anak di bawah usia 24 bulan. Vaksin ini merupakan konjugasi pneumokokus yang membantu melindungi diri dari penyakit yang disebabkan oleh tujuh serotipe S. Pneumoniae itu.

"Vaksin ini efektif, aman, dan dapat menurunkan kejadian pneumonia dan meningitis hingga 94 persen," ungkap Dr. Hardiono Pusponegoro, Sp.A(K).

Vaksinasi diperlukan mengingat sudah terjadi resistensi obat antibiotika terhadap bakteri. Sayangnya, baru 0,6 persen dari semua anak Indonesia yang mendapatkan vaksinasi tersebut. Mereka ini adalah anak yang berasal dari keluarga mampu.

Padahal, penularannya lebih banyak menimpa mereka yang tidak mampu. Dengan begitu, kemungkinan untuk mengalami meningitis lebih besar.

Juga Penting bagi Calon Haji

Bukan hanya anak-anak yang harus divaksin untuk mencegah meningitis. Calon haji (calhaj) juga harus disuntik vaksin meningitis. Itu persyaratan dari pemerintah Arab Saudi.

Salah satu syarat pemberian visa haji yang diajukan pemerintah Arab Saudi adalah sertifikat vaksinasi meningitis. Arab Saudi sebenarnya bukan daerah endemi meningitis meningokokus. Namun, karena calhaj juga datang dari negara-negara yang dikenal sebagai "sabuk meningitis" di Afrika, seperti Burkina Faso, Zambia, Sudan, dan Ethiopia, mereka pun waspada.

"Pemerintah Arab Saudi tidak akan mengeluarkan visa bagi calhaj yang belum membawa sertifikat tanda sudah divaksin meningitis," kata Dra. Sri Indarawaty, M.Kes. Apt., Direktur Jenderal Bina Farmasi dan Alat-alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Syarat ini diberlakukan mengingat pada 1987 terjadi wabah meningitis meningokokus. Ada 99 kasus dan yang meninggal 40 orang. Kemudian, pada 2006-2007 tercatat 2 kasus meningitis, 1 meninggal di Arab Saudi dan 1 kasus sembuh. Pada 2007-2008, dilaporkan 1 kasus suspect dan pada 2008-2009 ada 2 suspect.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar